Butterfly

Kamis, 07 Juni 2012

kopi khas Toraja


Ketiga, ada kopi asli toraja dengan merek "Ellen Coffee". Kemasan kantong kertas cokelat bermotif ukiran khas Toraja menjadikannya cukup unik untuk dijadikan buah tangan yang manis. Kalau ingin menghadiahkan sesuatu yang sangat Indonesia, ini salah satu produknya.

Berikutnya, kopi Toraja arabika Kalosi. Selama ini saya hanya pernah mencicipi kopi Toraja Kalosi bikinan kedai kopi. Entah sejauh mana tingkat keberhasilan saya mendapatkan kepekatan kopi seperti yang saya rasakan di kedai. Kalosi sendiri adalah nama desa tempat kopi ini ditanam. Oh ya, yang satu ini bukan oleh-oleh mudik, melainkan dibeli di Jakarta

Itulah sebagian kecil kopi yang dihasilkan oleh petani Indonesia. Sewaktu memotret, saya belum mencicipi kesemua kopi ini. Ketimbang bingung, mungkin saya akan melakukannya secara alfabetis Semoga Anda sekalian tergerak untuk ikut mendukung mereka. Meniru ucapan seorang aktivis LSM Afrika tentang permasalahan di benuanya, hanya orang Indonesia sendiri yang tahu masalah di Indonesia, dan hanya orang Indonesia sendiri yang bisa mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Salam ngopi!